Inovasi–inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Metro Tahun 2017
I. Bidang Pendaftaran Penduduk
- Pelayanan Perekaman Keliling KTP-el Bagi Penduduk Sakit/Jompo/Disabilitas
- Pelayanan Perekaman Keliling KTP-el bagi siswa/siswi wajib KTP pemula di sekolah sekolah
- Pelayanan Keliling jemput bola ke Rumah warga/Penyisiran wajib KTP di seluruh Kelurahan di Kota Metro
- Pelayanan Jemput Bola Kartu Identitas Anak (KIA) ke Sekolah-sekolah
- Sosialisasi Kebijakan Kependudukan kepada RT/RW di seluruh Kecamatan
- Pelayanan publik 4 in 1. Artinya minta satu dokumen diberikan 4 dokumen terkait (Surat Pindah/AktaKelahiran)
- Pemutakhiran Data/Kartu Keluarga dengan mencetak BIP dan membagikan ke Kelurahan untuk dimutkhirkan.
- Perekaman KTPel di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan menerbitkan Surat Keterangan(SUKET) pengganti KTP secara langsung (4371 Suket).
II. Bidang Pencatatan Sipil
- MOU/Kerjasama dengan Rumah Sakit dan Bidan se Kota Metro dalam Penerbitan Dokumen Akta Kelahiran.
- Pelayanan Cepat Akta Kematian melalui Sms/Wa/FB
- MOU/Kerjasama dengan Juru Makam dalam Penerbitan Akta Kematian
- MOU/Kerjasama dengan Pengadilan Agama dan KUA se Kota Metro dalam rangka Isbat Nikah
- Untuk Meningkatkan cakupan Akta-akta catatan sipil dengan cara Pemutakhiran KK dengan melampirkan Akta Kelahiran, Akta Kelahiran Non SIAK, Surat Nikah/Perkawinan, dan Akta Kematian kemudian menginput data dimaksud.
III. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK)
- Penerapan Teknologi Informasi untuk mendukung kegiatan Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kotaMetro.
- Pengembangan Jaringan Komunikasi Data Wirelles Area Network (WAN) antara Disdukcapil dengan Kec se Kota Metro.
- Pengadaan Mesin Antrian untuk menertibkan antrian Pelayanan Kependudukan
- Pengadaan Mesin Genset untuk backup listrik PLN
- Pembangunan Websites, Blogspot, Fanpages Facebook untuk Informasi Administrasi Kependudukan dan Pelayanan.
- Pembuatan Display Informasi tentang Data Kependudukan.
- Pembangunan Database Warehouse untuk Pemanfaatan Database Kependudukan.
- Merancang MOU/Kerjasama dengan SKPD/lembaga Non departamen dalam rangka Pemanfaatan Data Kependudukan.
- Pemeliharaan Perangkat Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).
- Pemanfaatan Database Kependudukan dengan membuat Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan instansi/lembaga non vertikal.
- Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk mengukur tingkat Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Kependudukan.
- Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik(FKP)
- Peningkatan Koordinasi dengan PetugasPelayanan di tingkat Kelurahan dan Kecamatan.
IV. Sekretariat
- Penyediaan jalur Pelayanan Khusus bagi Penyandang Disabilitas
- Penyediaan Kamar mandi khusus bagi Penyandang Disabilitas
- Penyediaan Ruang Khusus (Pojok Rokok,Ruang Laktasi, Toilet, Arena Bermain Anak, Musholla, Kantin, Ruang Pernikahan,Aula Rapat)
- Renovasi Ruang Tunggu Pelayanan Kependudukan.
- Renovasi Toilet Disabilitas dan umum.
- Pembangunan Ruang Arsip.
- Pemasangan Papan Informasi SOP, SPM, SP,SOP Pengaduan, Maklumat Pelayanan, Struktur Organisasi, dll.
INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA METRO TAHUN 2018
I. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK)
- Pelaksanaan Program (N3) Nyesak, Nyesung, Ngetak (mencari, menjemput dan mengantar) yaitu mengidentifikasi penduduk yang belum memiliki Dokumen Kependudukan selanjutnya menjemput ke lokasi untuk melakukan perekaman, pengambilan berkas kemudian mengantar Dokumen Kependudukan jika sudah selesai
- Sosialisasi Pengembangan dan Pemanfaatan Database Kependudukan
- Membuat Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan dengan Organisasi Perangkat Daerah se Kota Metro (28 OPD)
- Pengembangan Pemanfaatan dokumen kependudukan KIA untuk kartu voucher/diskon.
- Aplikasi Buku Tamu dengan memanfaatkan Smartcard Reader KTP-el.
- Upgarde WiFi untuk mendukung kegiatan pemanfaatan data dan penyediaan informasi yang dapat di akses masyarakat.
- Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Hotspot Login ( link Informasi Kependudukan, Web, Cet KTP, dan lain - lain).
- Pengelolaan dan pengembangan Website Dinas Dukcapil dan Media Sosial.
- Pengembangan aplikasi Sistem Informasi Data Kependudukan.
- Pelayanan Online Mobil Keliling dengan penerapan teknologi jaringan VPN atau Access Point di tiap Kecamatan (Pelayanan dan Pencetakan ditempat).
- Pelayanan Online di lokasi pameran langsung cetak dan distribusi dengan penerapan teknologi WAN dan VPN.
- Peningkatan kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika perihal pengembangan jaringan dan aplikasi.
- Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis Operator SIAK dan Administrator database.
- Pemeliharaan Perangkat pendukung Pelayanan SIAK. Pemeliharaan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi Data (JARKOMDAT).
- Pengelolaan Data Kependudukan secara berjenjang dan berkelanjutan. Penyajian data kependudukan baik LAMPID maupun Penyebaran Penduduk secara online.
- Penerapan Aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) menggunakan tablet dan penyajian datanya secara realtime di Website.
- Pelaksanaan Kegiatan Forum Konsultasi Publik untuk mendapat masukan dari masyarakat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik DISDUKCAPIL.
II. Bidang Pencatatan Sipil
- PKS antara Kota Metro dengan Pengadilan Agama, dan KEMENAG dalam rangka isbath nikah untuk peningkatan cakupan akta nikah.
- PKS dengan Rumah Sakit, Klinik Bersalin dan Bidan Praktek Mandiri dalam rangka Peningkatan cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran.
- Pelayanan Jemput Bola ke Rumah Sakit, Klinik Bersalin dan Bidan Praktek Mandiri.
- Pelayanan 4 in 1
- Pemberian NIK
- Penambahan Anggota Keluarga dalam Kartu Keluarga
- Penerbitan Akta Kelahiran
- Penerbitan Kartu Identitas Anak
- Pelayanan 3 in 1 , yaitu Penerbitan Akta Perkawinan ( Penerbitan Kartu Keluarga baru dalam Kartu Keluarga), Penerbitan Akta Perceraian ( Perubahan status pemecahan KK ), Penerbitan Akta Kematian ( Penerbitan KK baru ( Perubahan KK penghapusan anggota keluarga, Penerbitan KTP ( ganti status pasangan ) ).
- Pelayanan Jemput Bola ke Juru Kunci Makam untuk meningkatkan cakupan kepemilikan akta kematian.
- Pelayanan Online via Website. Perubahan Peraturan Daerah No. 9 Tahun 2015.
- Sosialisasi Peraturan Pencatatan Sipil. (Dalam rangka peningkatan cakupan kepemilikan Akta Perkawinan dan Perceraian. Dalam rangka Peningkatan Akta Kelahiran dan Kematian).
III. Bidang Pendaftaran Penduduk
- Pelayanan KIA di acara Car Free Day.
- Koordinasi tentang KIA ke sekolah - sekolah.
- Kegiatan Pemuktahiran Data Kependudukan.
- Penginputan data non SIAK ke SIAK untuk mencari yang belum KIA.
IV. Sekretariat
- Pelayanan One Stop Service.
- Pelayanan SEMEDI ( sehari mesti jadi ).
- Pembuatan running text informasi layanan.
- Penerapan aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).
- Penerapan Aplikasi Rencana kerja ( RENJA ).
- Penerapan Sistem Informasi Kepegawaian.
- Penyajian Data Perjanjian Kinerja pegawai 2018.
- Penyediaan Toilet khusus bagi penyandang disabilitas.
- Rehabilitas atap gedung kantor.
- Penyediaan tempat pelayanan Informasi dan Pengaduan.
- Perubahan Peraturan Daerah Kependudukan No. 9 Tahun 2015.
- Penyediaan Baner Informasi.
INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA METRO TAHUN 2019
I. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK)
- Pembuatan Aplikasi Lacak Dokumen ( LADO )
- Implementasi Pemanfaatan Data Kependudukan
- Kerjasama Pemanfaatan Dokumen Kependudukan KIA (KEMAPEDOKIA)
- Kerjasama Pelayanan Kependudukan (Helpdesk/Pengaduan dan Pelayanan Terpadu)
- N3/M3 terintegrasi perekaman keliling
II. Bidang Pencatatan Sipil
- Pelayanan N3/M3 terintegrasi Akta-Akta Pencatatan Sipil
- Perjanjian Kerjasama antara DISDUKCAPIL dengan Pengadilan Agama dan Kementrian Agama tentang pelayanan akta - akta pencatatan
- Legalisir non SIAK ke SIAK
- Perjanjian Kerjasama antara DISDUKCAPIL Kota Metro dengan Rumah Sakit Umum, RS Ibu dan Anak, Klinik Bersalin dan Bidan Praktik Mandiri se Kota Metro
- Perjanjian
Kerjasama antara DISDUKCAPIL Kota Metro dengan Juru Kunci Makam se Kota Metro
- Jemput Bola Akta Perkawinan ketempat per ibadatan, non muslim
- Jemput Bola ke kantor KUA dan Kementrian Agama
- Jemput Bola Pengadilan Agama Jemput Bola akte kelahiran Ke Sekolah TK, PAUD, SD, SMP
- Jemput Bola Akte Kematian, ke Kelurahan dan Juru Kunci
- Pelayanan Akta Kelahiran Online
- Pelayanan Akte Kelahiran melalui Media SosiaL Whatsapp
- Pelayanan Akte Kematian melalui Media Sosial Whatsapp
- TTE Akte Kelahiran
- TTE Akta Perkawinan
- TTE Akta Perceraian
- TTE Akta Kematian
- TTE Akta Pengakuan Anak
- TTE Akta Pengesahan Anak
- Penyerahan Akta Kematian pada Ahli Waris ( 3 in 1)
- -SPTJM. Kebenaran Kelahiran -SPTJM. Kebenaran Perkawinan Orang Tua
III. Bidang Pendaftaran Penduduk
- Pelayanan N3/M3 terintegrasi Pendaftaran Penduduk ke sekolah - sekolah mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Posyandu dan Kelurahan, Mengantarkan langsung hasil pencetakan KIA ke Sekolah
- Penyisiran data wajib KIA
- Pelayanan Konsultasi dan Pembinaan kepada warga tentang pembuatan Kartu Keluarga Pelayanan Online Whatsapp SKPWNI
- Pelayanan Online Whatsapp SKPWNI
- TTE KK
- TTE SKPWNI
- TTE SKPOA
IV. Sekretariat
- Sinkronisasi Rencana Aksi sasaran strategis Eselon II dengan Perjanjian Kinerja Eselon III dan IV
- Evaluasi Rencana Aksi dan Perjanjian Kinerja per Triwulan
- Digitalisai Dokumen Kepegawaian
- APAR (Alat Perekaman Api Ringan)
- Penyediaan Kota P3K di ruangan pelayanan
- Penyediaan Informasi Digital (Running Text)/ Video Tron
- Papan Informasi kehadiran Pejabat Eselon II dan III
- Pelayanan DISDUKCAPIL pada acara Car Free Day
INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA METRO TAHUN 2020
I. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK)
- Penyediaan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) Khusus KIA
- Pembangunan Aplikasi Data Center Pengelolaan dan Penyajian Data Kependudukan (DC-PPDK)
- Pembangunan Aplikasi Layanan Dukcapil Kota Metro Dalam Genggaman
- Penyediaan SDM Tenaga Ahli Progammer
II. Bidang Pendaftaran Penduduk
- Penyisiran Database untuk percepatan kepemilikan KIA
- Pelayanan Konsultasi Permasalahan Dokumen Kartu Keluarga melalui Whatsapp dan tatap muka
- Sosialisasi Kependudukan dan Temu Konsultasi antar instansi
- Sosialisai Kebijakan Kependudukan
- Jemput Bola KIA ke Kelurahan
III. Bidang Pencatatan Sipil
- Layanan Online/Daring melalui Whatsapp, Aplikasi Layanan Dukcapil Kota Metro dalam genggaman, dan laman dukcapil.kemendagri.go.id
- Layanan door to door peningkatan cakupan akta kelahiran dan kematian
- Sosialisasi peraturan pencatatan sipil tentang pencatatan sipil tentang pencatatan perkawinan dan perceraian
- Sosialisasi peraturan tentang pencatatan kelahiran dan kematian
IV. Sekretariat
- Penyediaan Sarana Prasarana pelayanan dengan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19
- Penyediaan ruang tunggu pelayanan dengan protokol kesehatan masa pandemi Covid-19
- Penyediaan acces door finger
- Penyediaan gudang arsip Publikasi pamflet, leaflet informasi layanan ke instansi layanan publik
INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA METRO TAHUN 2021
I. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK)
- Implementasi Hak Akses Pemanfaatan Data Kependudukan 22 OPD
- Pembuatan Buku Profil Kependudukan 2021 Pengembangan Aplikasi Dalam Genggaman
- Pembangunan Aplikasi Mitra Dukcapil
- Implementasi SIAK Terpusat
- Implementasi DIGITAL ID Data Center Pengelolaan dan Penyajian Data Kependudukan (DC-PPDK)
- Upgrade SERVER SIAK
II. Bidang Pendaftaran Penduduk
- Layanan "Terpana" Terintegrasi Penertiban Administrasi Kependudukan dengan Kementrian Agama
- Pelayanan online melalui Whatsapp untuk Dokumen KK, KTP-el, KIA, dan Pindah Datang
- Sosialisasi Pendaftaran Penduduk
- Sosialisasi Peraturan Perundang - undangan (Penyelesaian Masalah Pendaftaran Penduduk)
- Peningkatan Pelayanan Pendaftaran Penduduk N3/M3 (Nyesak, Nyesung, Ngetak/Mencari, Menjemput, Mengantar) Penerbitan dokumen Kartu Identitas Anak (KIA)
III. Bidang Pencatatan Sipil
- PUBATELAKA ( Pulang bawa Akta Kelahiran, Perubahan KK, dan KIA )
- LANGTIKI ( Pulang Bawa Akta Kematian, Perubahan Status KK, dan KTP )
- PUBAWIN KAPE ( Pulang bawa Akta Perkawinan, Perubahan Status KK dan KTP )
IV. Sekretariat
- Penyediaan sarana penunjang pada Gudang Arsip ( Rak Arsip, Meja, Kursi, dan Komputer )
- Pembenahan Arsip secara terpusat
- Penempatan pegawai khusus pengelola gudang arsip
- Perbaikan Sarana laktasi dan pojok rokok
INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA METRO TAHUN 2022
I. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK)
- Pengembangan Aplikasi Mitra Dukcapil
- Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM)
II. Bidang Pendaftaran Penduduk
- SIP CEPAT (Sistem Pelayanan Cetak di Tempat)
- Layanan Masuk PAK EKO ( Masuk Pindah Antar Kabupaten E-KTP KK Online )
III. Bidang Pencatatan Sipil
- MUDAHIR " Mutasi Data Akta Kelahiran "
- PAKEM AKTAPIL " Penerbitan Kembali Akta Pencatatan Sipil"
IV. Sekretariat
- Arsip Surat Digital
- Gerai Vaksin Covid-19
INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA METRO TAHUN 2023
I. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK)
- E-LAHAR (Elektronik Laporan Harian)
- SI PANDU ( Sistem Informasi Penyajian Data Kependudukan
II. Bidang Pendaftaran Penduduk
- "Dukcapil SIAGA" DUKCAPIL SIAP ANTAR JAGA
III. Bidang Pencatatan Sipil
- Si PADATI ( Sistem Informasi Pangkalan Data Kematian)
- PERAN SI DATI (Pelayanan Akurasi dan Validasi Data Kematian )
IV. Sekretariat
- Peningkatan Kualitas Layanan dan Sarana prasarana pada MPP
- Display Informasi Menggunakan Bahaya Isyarat
- Muli Mekhanai GISA ( Gerakan Indonesia Sadar Administrasi )
INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA METRO TAHUN 2024
I. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK)
- KATA IKA ( Katalog Informasi Kegiatan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil )
II. Bidang Pendaftaran Penduduk
- "PEPADUN" Pelayanan Penerbitan Dokumen Bagi Penduduk Rentan Administrasi Kependudukan
- PENUH KASIH Pelayanan Pemenuhan Kebutuhan Administrasi Kependudukan Anak-Anak Panti Asuhan Pada Panti Asuhan Budi Utomo Muhammadiyah Metro
- MASDI Memasuki Purnabakti Dokumen Kependudukan Langsung Jadi
III. Bidang Pencatatan Sipil
- "PETI DADU" Penerbitan Akta Kematian Berdasarkan Data KPU
IV. Sekretariat
- SI IDAMAN (Sistem Informasi Dukcapil Mandiri)