Disable Preloader

Inovasi Pelayanan

Inovasi–inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Metro Tahun 2017:

a)  BidangPendaftaran Penduduk

-      Pelayanan Perekaman Keliling KTPel BagiPenduduk Sakit/Jompo/Disabilitas

-      Pelayanan Perekaman Keliling KTPel BagiSiswa/siswi  wajib KTP pemula di Sekolahsekolah

-      Pelayanan Keliling jemput bola ke Rumahwarga/Penyisiran wajib KTP di seluruh Kelurahan di Kota Meto

-      Pelayanan Jemput Bola Kartu IdentitasAnak (KIA) ke Sekolah-sekolah

-      Sosialisasi Kebijakan Kependudukankepada RT/RW di seluruh Kecamatan

-      Pelayanan publik  4 in 1. Artinya minta satu dokumen diberikan  4 dokumen terkait (Surat Pindah/AktaKelahiran)

-      Pemutakhiran Data/KartuKeluarga dengan mencetak BIP dan membagikan ke Kelurahan untuk dimutkhirkan.

-      Perekaman KTPel diDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan menerbitkan Surat Keterangan(SUKET) pengganti KTP secara langsung (4371 Suket).

b)  BidangPencatatan Sipil

-      MOU/Kerjasama dengan Rumah Sakit danBidan se Kota Metro dalam Penerbitan Dokumen Akta Kelahiran.

-      Pelayanan Cepat Akta Kematian melaluiSms/Wa/FB

-      MOU/Kerjasama dengan Juru Makam dalamPenerbitan Akta Kematian

-      MOU/Kerjasama dengan Pengadilan Agamadan KUA se Kota Metro dalam rangka Isbat Nikah

-      Untuk Meningkatkan cakupan Akta-aktacatatan sipil dengan cara Pemutakhiran KK dengan melampirkan Akta Kelahiran,Akta Kelahiran Non SIAK, Surat Nikah/Perkawinan, dan Akta Kematian kemudian menginputdata dimaksud.

c)   BidangPengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK)

-      Penerapan Teknologi Informasi untukmendukung kegiatan Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kotaMetro.

-      Pengembangan Jaringan Komunikasi DataWirelles Area Network (WAN) antara Disdukcapil dengan Kec se Kota Metro.

-      Pengadaan Mesin Antrian untukmenertibkan antrian Pelayanan Kependudukan

-      Pengadaan Mesin Genset untuk backuplistrik PLN

-      Pembangunan Websites, Blogspot, FanpagesFacebook untuk Informasi  AdministrasiKependudukan dan Pelayanan.

-      Pembuatan Display Informasi tentang DataKependudukan.

-      Pembangunan Database Warehouse untukPemanfaatan Database Kependudukan.

-      Merancang MOU/Kerjasama denganSKPD/lembaga Non departamen dalam rangka Pemanfaatan Data Kependudukan.

-      Pemeliharaan Perangkat Sistem InformasiAdministrasi Kependudukan (SIAK).

-      Pemanfaatan Database Kependudukan denganmembuat Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan instansi/lembaga non vertikal.

-      Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat(IKM) untuk mengukur tingkat Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Kependudukan.

-      Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik(FKP)

-      Peningkatan Koordinasi dengan PetugasPelayanan di tingkat Kelurahan dan Kecamatan.

d)  Sekretariat

-      Penyediaan jalur Pelayanan Khusus bagiPenyandang Disabilitas

-      Penyediaan Kamar mandi khusus bagiPenyandang Disabilitas

-      Penyediaan Ruang Khusus (Pojok Rokok,Ruang Laktasi, Toilet, Arena Bermain Anak, Musholla, Kantin, Ruang Pernikahan,Aula Rapat)

-      Renovasi Ruang Tunggu Pelayanan Kependudukan.

-      Renovasi Toilet Disabilitas dan umum.

-      Pembangunan Ruang Arsip.

-      Pemasangan Papan Informasi SOP, SPM, SP,SOP Pengaduan, Maklumat Pelayanan, Struktur Organisasi, dll.

 

 INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA METRO TAHUN 2018

        I.   Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK)

-      Pelaksanaan program (N3) Nyesak Nyesung Ngetak   (mencari, mejemput dan mengantar)  yaitu mengidentifikasi penduduk yang belum memiliki dokumen kependudukan selanjutnya menjemput ke lokasi untuk melakukan perekaman, pengambilan berkas kemudian mengantar dokumen kependudukan jika sudah selesai.

-    Sosialisasi Pengembangan dan Pemanfaatan Database Kependudukan.

-   Membuat Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan dengan Organisasi Perangkat Daerah se Kota Metro (28 OPD).

-     Pengembangan pemanfaatan dokumen kependudukan KIA untuk kartu voucher/diskon.

-     Aplikasi Buku Tamu dengan memanfaatkan Smartcard Reader KTPel.

-     Upgrade WIFI Unifi untuk mendukung kegiatan pemanfaatan data dan penyediaan informasi yang dapat di akses masyarakat.

-     Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Hotspot login (link informasi kependudukan, web, cek ktp,dll).

-     Pengelolaan dan pengembangan Websites Dinas DUKCAPIL dan Media Sosial.

-      Pengembangan aplikasi Sistem Informasi Data Kependudukan

-     Pelayanan Online mobil keliling dengan penerapan teknologi jaringan VPN atau Access Point di tiap Kecamatan (pelayanan dan pencetakan ditempat)

-          Pelayanan Online di lokasi pameran langsung cetak dan distribusi dengan penerapan teknologi WAN dan VPN

-          Peningkatan kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika perihal pengembangan jaringan dan aplikasi

-          Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis Operator SIAK dan administrator database

-          Pemeliharaan Perangkat pendukung pelayanan SIAK

-          Pemeliharaan dan pengembangan jaringan Komunikasi Data (JARKOMDAT).

-          Pengelolaan Data Kependudukan secara berjenjang dan berkelanjutan.

-          Penyajian data kependudukan baik LAMPID maupun Penyebaran Pendudukan secara online.

-          Penerapan Aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) menggunakan tablet dan penyajian datanya secara realtime di web.

-          Pelaksaanaan Kegiatan Forum Konsultasi Publik untuk mendapat masukan dari masyarakat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik DISDUKCAPIL.

    II.            Bidang Pencatatan Sipil

             1.    PKS antara Kota Metro dengan Pengadilan Agama, dan KEMENAG dalam rangka isbath  nikah utk peningkatan cakupan akta nikah

2.   PKS dengan Rumah Sakit, Klinik Bersalin dan Bidan Praktek Mandiri dalam rangka Peningktan cakupan kepemilikan Akta Kelahiran.

3.    Pelayanan Jemput Bola ke Rumah Sakit, Klinik Bersalin dan Bidan Praktek Mandiri.

4.    Pelayanan 4 in 1

-          Pemberian NIK

-          Penambahan Anggota Keluarga dalam Kartu Keluarga

-          Penerbitan Akta Kelahiran

-          Penerbitan Kartu Identitas Anak)

5.    Pelayanan 3 in 1

a.       Penerbitan Akta Perkawinan

Penerbitan Kartu Keluarga baru rubah status anggota keluarga

Penerbitan KTP rubah status pada KTP

b.      Penerbitan Akta Perceraian

Penerbitan KK Baru (Perubahan status pemecahan KK)

Penerbitan KTP (Perubahan Status)

c.       Penerbitan Akta Kematian

Penerbitan KK baru (perubahan KK penghapusan anggota keluarga)

Penerbitan KTP (ganti status pasangan)

6.      Pelayanan Jemput Bola ke Juru Kunci makam untuk meningkatkan cakupan kepemilikan akta kematian

7.      Pelayanan online via websites

8.      Perubahan Peraturan daerah no 9 tahun 2015

9.      Sosialisasi Peraturan Pencatatan Sipil

-          Dalam rangka peningkatan cakupan kepemilikan Akta Perkawinan dan Perceraian.

-          Dalam rangka Peningkatan Kepemilikan Akta Kelahiran dan Kematian.

 

  1.  III.            Bidang Pendaftaran Penduduk

1.      Pelayanan KIA di acara Car Free Day

2.      Koordinasi tentang KIA ke sekolah sekolah

3.      Kegiatan Pemutakhiran Data Kependudukan

4.      Penginputan data non SIAK ke SIAK untuk mencari yang belum KIA.

 IV.            Sekretariat

1.      Pelayanan One Stop Service

2.      Pelayanan SEMEDI (sehari mesti jadi)

3.      Pembuatan Running text informasi layanan

4.      Penerapan aplikasi Sistem Akuntabililitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)

5.      Penerapan aplikasi Rencana Kerja (RENJA)

6.      Penerapan Sistem Informasi Data Kepegawaian.

7.      Penyajian Data Perjanjian Kinerja pegawai 2018

8.      Penyediaan Tolilet khusus bagi penyandang disabilitas

9.      Rehabilitas  atap gedung kantor

10.  Penyediaan tempat pelayanan Informasi dan Pengaduan

11.  Perubahan Peraturan Daerah Kependudukan No. 9 Tahun 2015

     12.  Penyediaan Baner informasi 

Jl. Imam Bonjol No.26, Hadimulyo Barat., Kec. Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34113 Wa (+6282280125386)

Alamat :

Link Menu

Jam Pelayanan

  • Senin - Jum'at :
    7.30 am - 16.00 pm
  • Sabtu - Minggu :
    Tidak Buka