Telp. (0725) 123456789  
Fax. (0725) 123456789  
E-Mail. disdukcapilkomet@gmail.com  

STANDAR PELAYANAN MINIMAL
DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA METRO

  1. Dasar Hukum :
    1. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan;
    2. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Dati II Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur Kotamadya Dati II Metro;
    3. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak;
    4. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang- Undang Nomor 12 Tahun 2008;
    5. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia;
    6. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan sebagaimana telah diubah dengan UU No.24 Tahun 2013;
    7. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik;
    8. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;
    9. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
    10. Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga;
    11. Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan;
    12. Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1994 tentang Pengelolaan Perkembangan Kependudukan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2009;
    13. Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan sebagaimana telah di ubah dengan PP No.102 Tahun 2012;
    14. Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
    15. Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Nasional sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2011;
    16. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 11 Tahun 2010 tentang Pedoman Pendataan dan Penerbitan Dokumen Kependudukan Bagi Penduduk Rentan Administrasi Kependudukan;
    17. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2010 tentang Pedoman Pencatatan Perkawinan dan Pelaporan Akta yang Diterbitkan oleh Negara Lain;
    18. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengangkatan dan Pemberhentian serta Tugas Pokok Pejabat Pencatatan Sipil dan Petugas Registrasi;
    19. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2010 tentang Formulir dan Buku yang Digunakan Dalam Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
    20. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2011 tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional;
    21. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2011 tentang Penerbitan Dokumen Pendaftaran Penduduk sebagai Akibat Perubahan Alamat;
    22. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengkajian, Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan;
    23. Permendagri No.2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak (KIA);
    24. Peraturan Daerah KOTA METRO Nomor 24 Tahun 2016 Perubahan atas Perda Kota Metro Nomor 07 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kota Metro;
    25. Peraturan Daerah KOTA METRO Nomor 09 Tahun 2015 perubahan atas Perda Kota Metro Nomor 05 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
    26. Peraturan Walikota Metro Nomor 05 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA).

 

JENIS PELAYANAN

  1. Pendaftaran Penduduk

 

Jenis pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Penerbitan Dokumen meliputi :

    1. Biodata penduduk;
    2. KK;
    3. KTP- elektronik;
    4. Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT);
    5. Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI);
    6. Surat Keterangan Pindah Datang (SKPD);
    7. Surat Keterangan Pindah ke Luar Negeri (SKPLN);
    8. Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri (SKDLN);
  1. Pencatatan Sipil
    1. Pencatatan dan Penerbitan Akta Kelahiran;
    2. Pencatatan dan Penerbitan Akta Perkawinan;
    3. Pencatatan dan Penerbitan Akta Perceraian;
    4. Pencatatan dan Penerbitan Akta Kematian;
    5. Pencatatan Pengangkatan Anak;
    6. Pencatatan Pengesahan Anak;
    7. Pencatatan dan Penerbitan Akta Pengakuan Anak;
    8. Pencatatan Perubahan Nama;
    9. Pencatatan Perubahan Status Kewarganegaraan;
    10. Pencatatan Peristiwa Penting lainnya;
    11. Penerbitan Duplikat Kutipan Akta Pencatatan Sipil;
    12. Penerbitan Salinan Lengkap Kutipan Akta Pencatatan Sipil; dan
    13. Surat Keterangan Pencatatan Sipil lainnya.

 

 

BIODATA PENDUDUK

  1. PERSYARATAN
  2. Persyaratan untuk pencatatan dan penerbitan biodata penduduk WNI :
    1. Surat Pengantar dari RT/RW atau Kelurahan;
    2. Dokumen Kependudukan yang dimiliki, antara lain;
  3. Kutipan Akta Kelahiran/Surat Keterangan Lahir dari Bidan/Rumah Sakit/Pamomg;
  4. Ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (Jika ada);
  5. Kartu Keluarga;
  6. Kartu Tanda Penduduk elektronik;
  7. Kutipan Akta Perkawinan/Kutipan Akta Nikah/sebutan lain;
  8. Kutipan Akta Perceraian;

 

  1. Pencatatan biodata penduduk bagi WNI yang datang dari Luar Negeri karena pindah setelah memenuhi syarat berupa :
    1. Paspor ; atau
    2. Dokumen Pengganti Paspor.
  1. Persyaratan untuk pencatatan dan penerbitan biodata penduduk WNA (Pemegang Izin Tinggal Tetap):
    1. Surat Pengantar dari RT/RW atau Kelurahan;
    2. Paspor;
    3. Kartu Izin Tinggal Tetap dari Imigrasi;
    4. Lembar mutasi Pengawasan Orang Asing dari Imigrasi;
    5. Surat Keterangan Perubahan Status Kependudukan;
    6. Surat Keterangan Lahir dari Rumah Sakit / Puskesmas / Dokter / Bidan bagi pelaporan kelahiran;
    7. Akta Perkawinan bagi pelaporan kelahiran; dan
    8. Surat Keterangan Pindah Datang bagi yang datang dari luar daerah.

 

  1. Persyaratan untuk pencatatan dan penerbitan biodata penduduk dan penduduk sementara Orang Asing (Pemegang Izin Tinggal Terbatas) sementara :
    1. Paspor;
    2. Kartu Izin Tinggal Sementara dari Imigrasi;
    3. Lembar mutasi Pengawasan Orang Asing dari Imigrasi; dan
    4. Izin Kerja Tenaga Asing;
  1. TATA CARA PENERBITAN
  2. Tata cara penerbitan biodata penduduk bagi penduduk  WNI dilaksanakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Metro melalui Kelurahan dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Pemohon mengisi dan menandatangani Formulir Biodata Penduduk WNI per Keluarga (F -1.01 dan F-1.02);
    2. Petugas registrasi Kelurahan melakukan verifikasi dan validasi data penduduk;
    3. Petugas  registrasi mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting (BHPKPP);
    4. Petugas registrasi merekam data ke dalam database kependudukan dengan SIAK untuk mendapatkan NIK;
    5. Lurah menandatangani Formulir Biodata Penduduk (F-1.01);
    6. Kepala Dinas menerbitkan dan menandatangani Biodata Penduduk WNI (F-1.07); dan
    7. Pemohon menerima Biodata Penduduk WNI (F-1.07).

 

  1. Tata cara penerbitan biodata penduduk Orang Asing pemegang Izin Tinggal Tetap, dilaksanakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Metro dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Pemohon mengisi dan menandatangani Formulir Biodata Penduduk Orang Asing (F-1.08 dan F-1.10);
    2. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk Orang Asing;
    3. Petugas  registrasi     mencatat     dalam Buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting (BHPKPP);
    4. Petugas  registrasi     merekam     biodata        ke      dalam database kependudukan untuk mendapatkan NIK;
    5. Kepala Dinas menerbitkan dan menandatangani Biodata Penduduk Orang Asing (F-1.14); dan
    6. Pemohon menerima Biodata Penduduk Orang Asing (F-1.14)
  1. Tata cara penerbitan biodata penduduk sementara Orang Asing (memiliki Izin Tinggal Sementara), dilaksanakan di Dinas dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Pemohon mengisi dan menandatangani Formulir Biodata Penduduk sementara Orang Asing (F-1.08);
    2. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk Orang Asing;
    3. Petugas  registrasi     mencatat     dalam Buku         Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting (BHPKPP);
    4. Petugas     registrasi     merekam     biodata     ke     dalam database kependudukan untuk mendapatkan NIK;
    5. Kepala Dinas menerbitkan dan menandatangani Biodata Penduduk sementara Orang Asing (FS.12); dan
    6. Pemohon menerima  Biodata Penduduk         sementara Orang Asing (FS.12).

 

Waktu Penyelesaian     :         3 (Tiga) hari kerja
Jam Pelayanan              :         Senin-Kamis         Jam 08.00 s/d 16.00 WIB
Jum’at                           Jam 08.00 s/d 15.00 WIB

Pengaduan Pelayanan dialamatkan ke
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Metro

  1. Jl.  Imam Bonjol No. 26 Metro Pusat Telp (0725) 42433 Fax (0725) 42494
  2. web  : http://www.metrokota.go.id/skpd/?kdskpd=11
  3. Email : disdukcapilkomet@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Perubahan Biodata Penduduk

  1. PERSYARATAN
  2. Pencatatan perubahan biodata dilakukan dengan menggunakan :
    1. Surat Pernyataan Perubahan Data Kependudukan (F-1.05);
    2. Formulir Perubahan Biodata Penduduk (F-1.06);
    3. Surat Pernyataan Perubahan Data Kependudukan (F-1.11);
    4. Formulir Perubahan Biodata Orang Asing pemegang Izin Tinggal Tetap (F-1.12);
    5. Surat Pernyataan Perubahan Data Kependudukan (F-1.11).
    6. Formulir Perubahan Biodata Orang Asing pemegang Izin Tinggal Terbatas (F-1.12); dan
    7. Dokumen pendukung perubahan biodata lainnya.

 

  1. TATA CARA PENERBITAN
  2. Tata cara penerbitan perubahan biodata penduduk bagi penduduk WNI dilaksanakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Metro  melalui Kelurahan dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Pemohon mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan Perubahan Data Kependudukan dan Formulir Perubahan Biodata Penduduk (F- 1.05 dan F-1.06);
    2. Petugas registrasi Kelurahan melakukan verifikasi dan validasi data penduduk;
    3. Petugas mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting (BHPKPP);
    4. Petugas registrasi merekam data ke dalam database kependudukan;
    5. Lurah menandatangani Formulir Perubahan Biodata Penduduk (F- 1.06);
    6. Petugas registrasi Dinas melakukan verifikasi dan validasi, serta perekaman data ke dalam database;
    7. Kepala Dinas menerbitkan dan menandatangani Biodata Penduduk WNI yang telah diubah (F-1.07);
    8. Petugas Registrasi Dinas menyampaikan Biodata Penduduk WNI yang telah diubah, sebagai dasar untuk melakukan perubahan KK dan KTP; dan
    9. Pemohon menerima Biodata Penduduk WNI yang telah diubah (F-1.07).
  1. Tata cara penerbitan perubahan biodata penduduk Orang Asing (memiliki Izin Tinggal Tetap), dilaksanakan di Dinas dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Pemohon mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan Perubahan Data Kependudukan dan Formulir Perubahan Biodata Penduduk (F- 1.11dan F-1.12);
    2. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk Orang Asing;
    3. Petugas mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting (BHPKPP);
    4. Petugas registrasi merekam biodata ke dalam database kependudukan;
    5. Kepala Dinas menerbitkan dan menandatangani Perubahan Biodata penduduk Orang Asing (F-1.14); dan
    6. Pemohon menerima Biodata Penduduk Orang Asing yang telah  diubah (F-1.14).

 

  1. Tata cara penerbitan biodata penduduk sementara Orang Asing (memiliki Izin Tinggal Sementara), dilaksanakan di Dinas dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Pemohon mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan Perubahan Data Kependudukan dan Formulir Perubahan Biodata Penduduk (F- 1.11A dan F-1.12A);
    2. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk;
    3. Petugas mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting (BHPKPP) Petugas registrasi  Orang  Asing melakukan verifikasi dan validasi data penduduk sementara Orang Asing;
    4. Petugas registrasi merekam biodata ke dalam database kependudukan;
    5. Kepala Dinas menerbitkan dan menandatangani Perubahan Biodata Penduduk sementara Orang Asing (F -1.14 A); dan
    6. Pemohon menerima biodata penduduk sementara Orang Asing yang telah diubah.

 

KARTU KELUARGA

  1. Penerbitan KK terdiri dari:
    1. Penerbitan KK baru;
    2. Penerbitan KK karena perubahan data dan/atau biodata;
    3. Penerbitan KK karena hilang atau rusak; dan
    4. Penerbitan KK karena pemisahan anggota Keluarga.

 

  1. PERSYARATAN
  2. Persyaratan untuk penerbitan KK Baru:
    1. Surat Pengantar RT/RW atau Kelurahan;
    2. Biodata penduduk;
    3. KK lama;
    4. Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Perkawinan/Akta Nikah;
    5. Asli dan Fotokopi Izin Tinggal Tetap bagi Orang Asing;
    6. Surat Keterangan Pindah WNI/Surat Keterangan Pindah Datang (SKPWNI/SKPD);dan
    7. Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri (SKDLN) bagi WNI yang datang dari luar negeri.

 

  1. Persyaratan untuk penerbitan perubahan KK karena penambahan anggota Keluarga dalam KK bagi penduduk yang mengalami kelahiran:
    1. Surat Pengantar RT/RW atau Kelurahan;
    2. KK lama;
    3. Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Kelahiran atau surat keterangan kelahiran;
    4. Asli dan Fotokopi Paspor; dan
    5. Asli dan Fotokopi Izin Tinggal Tetap.
  1. Persyaratan untuk penerbitan perubahan KK karena penambahan anggota Keluarga untuk menumpang bagi penduduk WNI atau Orang Asing pemegang Izin Tinggal Tetap ke dalam Kartu Keluarga :
    1. Surat Pengantar RT/RW atau Kelurahan;
    2. KK lama atau KK yang akan ditumpangi;
    3. Asli dan Fotokopi Paspor;
    4. Asli dan Fotokopi Izin Tinggal Tetap;
    5. Surat Keterangan Lapor Diri dari Kepolisian (SKLD);
    6. Surat Keterangan Pindah Datang bagi penduduk yang datang dari dalam dan luar daerah; dan
    7. Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri (SKDLN) bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah;

 

  1. Persyaratan untuk penerbitan perubahan KK karena pengurangan dalam KK bagi penduduk yang mengalami kematian, pemisahan Keluarga atau kepindahan anggota Keluarga :
    1. Surat Pengantar RT/RW atau Kelurahan;
    2. KK lama;
    3. Asli dan Fotokopi Surat Keterangan Kematian/Kutipan Akta Kematian;
    4. Asli dan Fotokopi Akta Perkawinan/Perceraian bagi yang pernah menikah/bercerai;
    5. Surat Keterangan Pindah bagi penduduk yang pindah; dan
    6. Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Perceraian, bagi pengurangan anggota Keluarga karena cerai.
  1. Persyaratan untuk penerbitan perubahan KK karena perubahan biodata penduduk :
    1. Surat Pengantar RT/RW atau Kelurahan;
    2. KK lama; dan .
    3. Dokumen yang mendukung perubahan biodata.

 

  1. Persyaratan untuk penerbitan KK karena hilang atau rusak :
    1. Surat Pengantar RT/RW atau Kelurahan;
    2. KK yang rusak atau Asli dan Fotokopi KK yang hilang jika ada;
    3. Asli dan Fotokopi KTP Kepala Keluarga;
    4. Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian; dan
    5. Dokumen Keimigrasian bagi Orang Asing.
  1. TATA CARA PENERBITAN
  2. Tata cara penerbitan KK baru WNI, dilakukan di Dinas dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Pemohon mengisi dan menandatangani Formulir Permohonan KK  baru WNI (F-1.15);
    2. Petugas registrasi Kelurahan melakukan verifikasi dan validasi data penduduk;
    3. Petugas  registrasi     Kelurahan   memaraf,     selanjutnya Lurah menandatangani Formulir Permohonan KK baru WNI (F-1.15);
    4. Petugas registrasi di Dinas merekam data ke dalam database dan menerbitkan KK baru;
    5. Petugas registrasi di Dinas menyerahkan print out KK baru kepada pemohon untuk ditandatangani yang bersangkutan;
    6. Pemohon menyerahkan kembali KK baru kepada petugas registrasi di Dinas untuk ditandatangani Kepala Dinas;
    7. Kepala Dinas menandatangani KK baru; dan
    8. Pemohon menerima KK baru.

 

 

 

 

  1. Tata cara penerbitan KK karena perubahan data dan/atau biodata yang disebabkan penambahan kelahiran, penambahan pindah datang, pengurangan anggota Keluarga, perubahan status kependudukan dan perubahan biodata penduduk dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Pemohon mengisi dan menandatangani Formulir Permohonan KK perubahan WNI (F-1.16) dan Orang Asing (F-1.18);
    2. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk;
    3. Petugas registrasi Kelurahan memaraf untuk selanjutnya Lurah menandatanganiformulir KK perubahan WNI (F-1.16) dan  Orang Asing (F-1.18);
    4. Petugas registrasi di Dinas merekam data ke dalam database dan menerbitkan KK perubahan;
    5. Petugas registrasi di Dinas menyerahkan print out KK perubahan kepada pemohon untuk ditandatangani yang bersangkutan;
    6. Pemohon menyerahkan kembali KK perubahan kepada petugas registrasi di Dinas untuk ditandatangani Kepala Dinas;
    7. Kepala Dinas menandatangani KK perubahan; dan
    8. Pemohon menerima KK perubahan.
  1. Tata cara penerbitan KK hilang/rusak, dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Pemohon mengisi dan menandatangani Formulir Permohonan KK hilang/rusak WNI (F-1.15) dan Orang Asing (F-1.17);
    2. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk;
    3. Petugas  registrasi     Kelurahan   memaraf      untuk selanjutnya Lurah menandatangani formulir permohonan KK hilang/rusak;
    4. Petugas  registrasi di Dinas menyerahkan print out KK kepada pemohon untuk ditandatangani yang bersangkutan;
    5. Pemohon menyerahkan kembali KK kepada petugas registrasi di  Dinas untuk ditandatangani Kepala Dinas;
    6. Kepala Dinas menandatangani KK; dan
    7. Pemohon menerima KK sebagai pengganti yang hilang/rusak;

 

  1. Tata cara penerbitan KK baru Orang Asing, dilakukan di Dinas dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Pemohon mengisi dan menandatangani Formulir Permohonan KK Orang Asing (F-1.17);
    2. Petugas registrasi Dinas melakukan verifikasi dan validasi data penduduk, serta memaraf Formulir Permohonan KK Orang Asing;
    3. Kepala Dinas menandatangani Formulir Permohonan KK baru Orang Asing (F-1.17);
    4. Petugas registrasi Dinas merekam data ke dalam database dan menerbitkan KK baru;
    5. Petugas registrasi    Dinas  menyerahkan  print  out  KK baru kepada pemohon untuk  ditandatangani yang bersangkutan;
    6. Pemohon menyerahkan kembali KK baru kepada petugas registrasi Dinas untuk  ditandatangani Kepala Dinas;
    7. Kepala Dinas menandatangani KK baru; dan
    8. Pemohon menerima KK baru.

 

 

 

Waktu Penyelesaian     :         2 (dua) hari kerja
Jam Pelayanan              :         Senin-Kamis         Jam 08.00 s/d 16.00 WIB
Jum’at                  Jam 08.00 s/d 15.00 WIB
Pengaduan Pelayanan dialamatkan ke
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Metro

  1. Jl.  Imam Bonjol No. 26 Metro Pusat Telp (0725) 42433 Fax (0725) 42494
  2. web  : http://www.metrokota.go.id/skpd/?kdskpd=11
  3. Email : disdukcapilkomet@gmail.com

 

 

PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK  ELEKTRONIK BAGI WARGA NEGARA INDONESIA DAN ORANG ASING

  1. Penerbitan KTP-el baru bagi penduduk Warga Negara Indonesia, dilakukan setelah memenuhi syarat berupa :
  2. Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah kawin atau pernah kawin;
  3. Surat pengantar RT/RW dan lurah;
  4. Foto copy :
  5. Kartu Keluarga
  6. Kutipan akta nikah/akta kawin bagi penduduk yang belum berusia 17 (tujuhbelas) tahun tapi sudah menikah;
  7. Kutipan akta kelahiran/surat keterangan lahir/keterangan RT/RW yang diketahui Lurah.
  8. Surat keterangan datang dari luar negeri bagi WNI yang dating dari luar negeri karena peindah.

 

  1. Penerbitan KTP-el bagi Orang Asing yang memiliki izin tinggal tetap, dilakukan setelah memenuhi syarat berupa :
  2. Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah kawin atau pernah kawin;
  3. Foto copy :
  4. Kartu Keluarga
  5. Kutipan akta nikah/akta kawin bagi penduduk yang belum berusia 17 (tujuhbelas) tahun tapi sudah menikah;
  6. Kutipan akta kelahiran/surat keterangan lahir/keterangan RT/RW yang diketahui Lurah.
  7. Paspor dan izin tinggal tetap;
  8. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  1. Penerbitan KTP-el karena hilang atau rusak bagi WNI atau Orang Asing yang memiliki izin tinggal tetap, dilakukan setelah memenuhi syarat berupa :
  2. Surat ketengan kehilangan dari kepolisian atau KTP-el lama
  3. Foto copy Kartu Keluarga; dan
  4. Paspor dan Izin Tinggal Tetap bagi orang asing.

 

  1. Penerbitan KTP-el karena pindah datang bagi penduduk WNI atau orang asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap, dilakukan setelah memenuhi syarat berupa :
  2. Surat keterangan pindah datang;
  3. Surat keterangan datang dari luar negeri bagi wni yang datang dari luar negeri.
  4. kjhuo
Berita Terbaru
Galeri Foto
Banner Link
Menu Jalan Pintas?