Telp. (0725) 42433  
Fax. (0725) 42494  
E-Mail. disdukcapilkomet@gmail.com  
PROFIL DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA METRO
 

Berdasarkan UU Nomor 23 tahun 2014 Tentang Pembagian Urusan Pemerintahan terdiri dari 3 urusan yakni urusan pemerintahan absolut, urusan pemerintahan konkuren, dan urusan pemerintahan umum. Administrasi Kependudukan dan Pencatatan sipil masuk dalam urusan Pemerintahan Konkuren Wajib Non Pelayanan Dasar. Untuk menuju Kepemerintahan Yang Baik (Good Governance) melalui lembaga -lembaga Pemerintah yang akan dibentuk sesuai dengan urusan dan kewenangan masing-masing pemerintah.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Metro sebagai salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah dalam pelaksanaanya meliputi dalam 4 bidang yaitu :

  1. Sekretariat
  2. Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk
  3. Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil
  4. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatn Data

       Dari kewenangan tersebut yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  adalah penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, Pengelolaan dan Pengawasan mobilitas penduduk.

            Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan salah satu Instansi Pemerintah yang ada di Kota Metro, sebagai unsur pelaksana teknis di bidang Kependudukan, dan Pencatatan Sipil.  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan hasil perubahan dari Pembentukan organisasi dan tata kerja perangkat daerah Kota Metro Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Metro Nomor : 64 Tahun 2016 tentang perubahan atas Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 12 Tahun 2010 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kota Metro dan Peraturan Walikota Metro Nomor 31 Tahun 2016 tentang Susunan Tugas dan Fungsi Perangkat Daerah.

            Dengan adanya Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 24 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 12 tahun 2010 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kota Metro maka Peraturan Daerah Nomor 12 tahun 2010 dinyatakan tidak berlaku dan menyesuaikan Peraturan Daerah yang baru. Maka Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Metro dirubah menjadi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Metro. 
 
    Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Metro memiliki Pegawai berstatus PNS berjumlah 40 (empat puluh) dan pegawai yang berstatus kontrak sebanyak 8 (delapan) orang, terdiri dari 24 (dua puluh empat) orang laki-laki dan perempuan 24 (dua puluh empat) orang. Seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada bekerja sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) masing-masing dalam rangka mewujudkan tujuan organisasi yaitu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam rangka Mewujudkan Pemerintahan Kota Metro yang Good Gavermance melalaui peningkatan kualitas Pelayanan Publik menuju Visi Kota Metro "METRO KOTA PENDIDIKAN  DAN WISATA KELUARGA BERBASIS EKONOMI KERAKYATAN  BERLANDASKAN PEMBANGUNAN PARSIPATIF"
 
Berita Terbaru
Galeri Foto
Banner Link
Menu Jalan Pintas?