Telp. (0725) 123456789  
Fax. (0725) 123456789  
E-Mail. disdukcapilkomet@gmail.com  

 Visi Kota Metro untuk periode 2016 - 2021

"Metro Kota Pendidikan dan Wisata Keluarga berbasis Ekonomi Kerakyatan Berlandaskan Pembangunan Parsipatif"

Dimana memiliki makna sebagai berikut :

  • Kota Pendidikan adalah kota yang berbudaya belajar.
  • Kota Wisata Keluarga adalah kota yang menyediakan tempat wisata untuk keluarga yang dilakukan oleh rombongan keluarga serta mempunyai hubungan kekerabatan satu sama lain.
  • Kota Yang Berbasis Ekonomi Kerakyatan adalah kegiatan dari ekonomi yang dapat memberikan kesempatan yang luas untuk masyarakat dalam berpartisipasi sehingga perekonomian dapat terlaksana dan berkembang secara baik.
  • Berdasarkan Pembangunan Partisipatif adalah mengikutsertakan masyarakat dalam pembangunan.

  Untuk mewujudkan Visi Kota Metro periode Tahun 2016 - 2021 adalah dengan melaksanakan Misi Kota Metro yaitu sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui sektor pendidikan dan kesehatan
  2. Meningkatnya kesejahteraan rakyat berbasis ekonomi kerakyatan melalui sektor perdagangan, jasa, pertanian dan pariwisata.
  3. Meningkatkan kualitas infrastruktur kota yang terintegrasi dan berkelanjutan
  4. Mewujudkan pemerintahan Kota Metro yang Good Governanca melalui peningkatan kualitas pelayanan publik.

 Sebagai penjabaran Misi Kota Metro, maka disusun Program Walikota dan Wakil Walikota Metro terpilih. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Metro melaksanakan Program Prioritas Pembangunan tahun 2016-2021 Bidang Reformasi Birokrasi adalah :

  1. Peningkatan akses pelayanan publik melalui penyederhanaan prosedur, fasilitasi pelayanan diruang publik dan pemanfaatan teknologi informasi.

 Rencana Strategis periode Tahun 2016 - 2021 disusun sebagai pedoman dalam mendukung mewujudkan Visi dan Misi serta Program Walikota dan Wakil Walikota Metro, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Metro menjalankan Misi ke-4 (empat) yaitu :

" Mewujudkan pemerintahan Kota Metro yang Good Governanca melalui peningkatan kualitas pelayanan publik."

Berikut adalah tugas dan fungsi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Metro yang terkait dengan Visi, Misi serta Program Walikota dan Wakil Walikota Metro :

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang Kependudukan dan Catatan Sipil.
  2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum dibidang pelayanan Pendaftaran kependudukan, Pencatatan Sipil, serta Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data.
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang dibidang pelayanan Pendaftaran kependudukan, Pencatatan Sipil, serta Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data.
  4. Penyelenggaraan kesekretariatan dinas.
Berita Terbaru
Galeri Foto
Banner Link
Menu Jalan Pintas?