Telp. (0725) 42433  
Fax. (0725) 42494  
E-Mail. disdukcapilkomet@gmail.com  

Inovasi–inovasi yang telah dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KotaMetro:

a)  BidangPendaftaran Penduduk

-      Pelayanan Perekaman Keliling KTPel BagiPenduduk Sakit/Jompo/Disabilitas

-      Pelayanan Perekaman Keliling KTPel BagiSiswa/siswi  wajib KTP pemula di Sekolahsekolah

-      Pelayanan Keliling jemput bola ke Rumahwarga/Penyisiran wajib KTP di seluruh Kelurahan di Kota Meto

-      Pelayanan Jemput Bola Kartu IdentitasAnak (KIA) ke Sekolah-sekolah

-      Sosialisasi Kebijakan Kependudukankepada RT/RW di seluruh Kecamatan

-      Pelayanan publik  4 in 1. Artinya minta satu dokumen diberikan  4 dokumen terkait (Surat Pindah/AktaKelahiran)

-      Pemutakhiran Data/KartuKeluarga dengan mencetak BIP dan membagikan ke Kelurahan untuk dimutkhirkan.

-      Perekaman KTPel diDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan menerbitkan Surat Keterangan(SUKET) pengganti KTP secara langsung (4371 Suket).

 

b)  BidangPencatatan Sipil

-      MOU/Kerjasama dengan Rumah Sakit danBidan se Kota Metro dalam Penerbitan Dokumen Akta Kelahiran.

-      Pelayanan Cepat Akta Kematian melaluiSms/Wa/FB

-      MOU/Kerjasama dengan Juru Makam dalamPenerbitan Akta Kematian

-      MOU/Kerjasama dengan Pengadilan Agamadan KUA se Kota Metro dalam rangka Isbat Nikah

-      Untuk Meningkatkan cakupan Akta-aktacatatan sipil dengan cara Pemutakhiran KK dengan melampirkan Akta Kelahiran,Akta Kelahiran Non SIAK, Surat Nikah/Perkawinan, dan Akta Kematian kemudian menginputdata dimaksud.

 

c)   BidangPengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK)

-      Penerapan Teknologi Informasi untukmendukung kegiatan Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kotaMetro.

-      Pengembangan Jaringan Komunikasi DataWirelles Area Network (WAN) antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipildengan Kecamatan se Kota Metro.

-      Pengadaan Mesin Antrian untukmenertibkan antrian Pelayanan Kependudukan

-      Pengadaan Mesin Genset untuk backuplistrik PLN

-      Pembangunan Websites, Blogspot, FanpagesFacebook untuk Informasi  AdministrasiKependudukan dan Pelayanan.

-      Pembuatan Display Informasi tentang DataKependudukan.

-      Pembangunan Database Warehouse untukPemanfaatan Database Kependudukan.

-      Merancang MOU/Kerjasama denganSKPD/lembaga Non departamen dalam rangka Pemanfaatan Data Kependudukan.

-      Pemeliharaan Perangkat Sistem InformasiAdministrasi Kependudukan (SIAK).

-      Pemanfaatan Database Kependudukan denganmembuat Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan instansi/lembaga non vertikal.

-      Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat(IKM) untuk mengukur tingkat Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Kependudukan.

-      Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik(FKP)

-      Peningkatan Koordinasi dengan PetugasPelayanan di tingkat Kelurahan dan Kecamatan.

 

d)  Sekretariat

-      Penyediaan jalur Pelayanan Khusus bagiPenyandang Disabilitas

-      Penyediaan Kamar mandi khusus bagiPenyandang Disabilitas

-      Penyediaan Ruang Khusus (Pojok Rokok,Ruang Laktasi, Toilet, Arena Bermain Anak, Musholla, Kantin, Ruang Pernikahan,Aula Rapat)

-      Renovasi Ruang Tunggu Pelayanan Kependudukan.

-      Renovasi Toilet Disabilitas dan umum.

-      Pembangunan Ruang Arsip.

-      Pemasangan Papan Informasi SOP, SPM, SP,SOP Pengaduan, Maklumat Pelayanan, Struktur Organisasi, dll.

Berita Terbaru
Galeri Foto
Banner Link
Menu Jalan Pintas?